Mengenal jinten hitam (habbatussauda)

Sumber gambar: www.arrahmah.com
Biji Jinten hitam adalah salah satu rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat. Seperti
namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Pada awalnya Ramuan jinten hitam ini berasal dari Mesir, negara-negara di Timur Tengah, dan juga banyak digunakan oleh masyarakat India. Jinten hitam pada umumnya digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan di berbagai belahan dunia. Ia memiliki rasa sedikit pahit.
Jinten hitam tersedia dalam bentuk Minyak hasil ekstraksi biji, yang disebut juga dengan minyak jinten hitam. Untuk keperluan penyembuah, jinten hitam juga banyak tersedia dalam bentuk kapsul siap minum.
Meskipun kecil, jinten hitam sangat luarbiasa, karena mengandung sekitar 100 senyawa kimia ( seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, mineral, dll). Agama Islam meyakini bahwa jinten hitam memiliki bahan yang dapat menyembuhkan semua jenis penyakit kecuali kematian. Dalam Alkitab, jinten disebut sebagai biji hitam kuratif, yang telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman kuno.
Berikut khasiat manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan pengobatan:
Gangguan perut, Jinten hitam memiliki sifat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit, dan perut kembung bisa diatasi dengan jinten hitam. Selain itu, jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus.
Sumber nutrisi penting, Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar.
Untuk keperluan suplemen gizi, Anda bisa minum setengah sendok teh ekstrak atau minyak Habbatussauda (jinten hitam) sebanyak tiga kali sehari.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Jintan hitam berkhasiat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang menderita gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkanan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan imunitas.
Menyembuhkan asma dan alergi, Histamin adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terdapat dalam jintan hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping .
Untuk pengobatan asma dan alergi, ambil secangkir air hangat , tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habatussauda. Campur dan minum di pagi hari, bisa sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan membawa alergen .
Mengobati kanker, Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .
Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak Habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.
Gangguan pencernaan, Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .
Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali dalam sehari. Atau bisa juga dicampur dengan satu sendok teh bubuk jahe, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Habbatussauda.
Mengobati peradangan, Thymoquinine yang terkandung dalam jintan hitam adalah obat anti inflamasi yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan minyak jintan hitam untuk salep yang diterapakan pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, kemudian cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam.
Untuk pengobatan peradangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.
Meningkatkan jumlah ASI, Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui, karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji hitam saat menyusui.
Meningkatkan kecerdasan dan mencegah alzheimer, Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak, dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
Tips menggunakan biji jinten hitam
Masukkan satu sendok makan biji jintan hitam kedalam cangkir, kemudian tuangkan air panas. Tutup selama 10 menit, kemudian teh jinten hitam sudah siap untuk Anda nikmati. Anda juga dapat menambahkan beberapa biji jinten hitam dalam secangkir kopi pada pagi hari.
Biji jintan hitam juga dapat digiling, yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan rasa pada salad.
Peringatan
Biji jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga jika ragu dengan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.
Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jintan hitam, baik biji, minyak atau ekstrak. Mengkonsumsi jinten hitam dalam jumlah besar dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran.

Dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates: